Tips Membeli Rumah Melalui Agen Properti Agar Tidak Tertipu

Tips Membeli Rumah Melalui Agen Properti Agar Tidak Tertipu

Tips Membeli Rumah Melalui Agen Properti Agar Tidak Tertipu – Membeli rumah melalui agen properti telah menjadi pilihan banyak orang. Apalagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Jumlah lahan yang semakin sempit membuat mereka sulit mendapatkan rumah yang diinginkan.

baca juga :

Hal inilah mengapa banyak masyarakat memilih untuk menggunakan jasa agen properti untuk membeli satu unit rumah. Daripada membangun sendiri, lebih baik menggunakan jasa agen properti untuk bisa menemukan rumah yang anda impikan.

Berikut ini mengapa menggunakan jasa agen properti lebih praktis

Prosesnya mudah

Anda tidak perlu susah susah mencari lahan, membangun ataupun bahkan mengawasi pembangunannya.

Kawasan yang strategis

Perumahan biasanya berada pada wilayah yang sudah memiliki fasilitas publik seperti air, listrik dan dekat dengan jalan raya.

Mendapatkan KPR

Salah satu fasilitas yang didapatkan adalah adanya KPR. Biasanya developer bekerja sama dengan pihak bank dalam pendanaan pembangunan tersebut. Agen properti juga bisa tawar menawar dengan pihak developer agar bisa mendapatkan fasilitas KPR tersebut. Ini cocok untuk anda yang masih belum cukup kemampuan dalam membeli secara tunai.

Disamping dari semua kemudahan itu, pembelian tetap mengandung beberapa resiko yang perlu anda hindari. Anda perlu menghindari para agen properti yang tidak bertanggung jawab. Kejadian ini sudah sering terjadi dan merugikan para pembeli.

Berikut ini Tips Memperhatikan Agen Properti Agar Tidak Tertipu

Mempertimbangkan Reputasi Agen Properti

Anda perlu melihat reputasi dari agen properti tersebut, bagus atau tidak. Bila tidak bagus, resiko yang akan anda tanggung sangat besar. Pastikan untuk memilih agen properti yang memiliki reputasi baik dan memiliki tanggung jawab.

Penyelesaian Sertifikat

Ketika membeli rumah melalui agen properti, biasanya sertifikat rumah tersebut masih atas nama agen properti itu sendiri. Maka dari itu, membutuhkan proses y ang dapat dialihkan atas nama selaku pemilik baru.

Anda perlu menanyakan kapan sertifikat tersebut akan dialihkan ke nama anda. Pada umumnya , ini akan tercatat dalam surat perjanjian jual beli, namun pastikan juga untuk menanyakan langsung.

Jangan Bayar DP bila KPR belum disetujui

Jangan pernah membayar DP kepada agen properti apabila KPR anda belum disetujui pihak bank. Walaupun agen properti telah bekerja sama dengan pihak bank tersebut, tapi bila tidak ada jaminan bahwa KPR telah disetujui oleh pihak bank.

Hindarilah hal tersebut, karena beberapa kasus seperti ini terjadi, dan ujungnya pihak bank menolak KPR tersebut. Biasanya sejumlah DP tersebut akan sulit kembali dan akan di potong sekian persen oleh pihak agen properti.

Tidak bisa TakeOver karena Belum Balik Nama

Berbagai alasan lainnya adalah ketika anda ingin melakukan take over ke bank lain, dari bank yang anda gunakan KPR sekarang. Tapi hal ini telah sulit di lakukan karena umumnya bank akan meminta sertifikat atas nama anda untuk mengajukan take over kepada mereka.

Hindari Transaksi di Bawah Tangan

Jangan pernah melakukan transaksi seperti ini, karena resiko nya sangat merugikan. Lakukanlah sesuai prosedur yang ada. Bila rumah tersebut masih diangunkan ke bank, maka lakukanlah pengalihan kredit di bank dengan dikuatkan akta notaris.

Dari hal di atas, disimpulkan bahwa anda perlu mencari seorang agen properti yang memiliki reputasi baik dan bertanggung jawab. Jangan terburu-buru karena bisa menyebabkan resiko yang tinggi. Anda bisa menemukan berbagai agen properti di medan dan agen properti di batam dengan reputasi baik di Meta Property. Kumpulan berbagai agen properti terbaik di medan dan di batam dengan reputasi baik! Segera temukan agen properti anda hanya di Meta Property.

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *