Pastikan Kondisi Keuangan Anda Cukup Sebelum Membeli Rumah!

Pastikan Kondisi Keuangan Anda Cukup Sebelum Membeli Rumah!

Pastikan Kondisi Keuangan Anda Cukup Sebelum Membeli Rumah! – Bagi anda yang masih tinggal di rumah orang tua ataupun masih di kontrakan, mungkin anda selalu berpikir “Kapan saya bisa membelis ebuah rumah”. Semakin cepat anda memutuskan maka anda akan semakin cepat membeli rumah. Dan juga nilai investasi yang anda dapatkan pada tahun depan juga akan semakin besar.

Selain itu, anda juga akan merasa lebih bebas dan nyaman karena sudah tinggal di rumah sendiri. Maka dari itu, sebelum anda memutuskan untuk membeli rumah (klik disini : Rumah dijual Surabaya), cek terlebih dahulu kondisi keuangan anda. Berikut ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan.

Pendapatan yang Dapat Di Andalkan

Ketika anda sudah memutuskan untuk membeli rumah dengan sistem cicilan, maka anda harus benar benar meyakinkan diri anda bahwa anda dapat membayarnya. Jika masih status lajang, mungkin setidaknya anda sudah tercatat sebagai karyawan tetap. Tapi jika status anda sudah menikah, maka anda setidaknya sudah yakin dengan posisi dan masa depan terhadap perusahaan tempat anda bekerja.

Tidak Memiliki Beban / Hutang Lainnya

Membeli rumah telah menjadi keputusan yang besar dalam hidup. Dengan membeli rumah, pastinya ini akan mempengaruhi finansial anda, agar finansial anda tetap stabil, pastikan lah ketika anda membeli rumah tidak ada hutang ataupun cicilan lainnya.

Memiliki Dana Darurat

Ketika sudah memiliki rumah, maka pastinya akan beberapa pengeluaran yang datang tanpa direncanakan atau secara tiba tiba. Maka dari itu, anda perlu mempersiapkan dana darurat untuk mengantisipasi pengeluaran tersebut. Besarnya dana darurat ini harus di persiapkan mulai dari 4 bulan ataupun sebanyak 12 bulan dari pengeluaran per bulan.

Dapat membayar 5 hingga 10% dari harga rumah

Ketika membeli rumah, lebih kurangnya kita membutuhkan 3 hingga 20% untuk membayar DP. Ini telha menjadi penentu utama anda dalam membeli rumah. Jika anda hanya dapat membayar 5% dari harga rumah, tetap disarankan untuk membayar 10-20% dari harga rumah dengan tunai.

Dapat mengurus rumah sendiri

Berdasarkan pengalaman orang yang baru saja memiliki rumah, dalam satu tahun pasti ada saja pengeluaran untuk membetulkan hal yang rusak ataupun membeli peralatan baru. Anda juga harus siap ketika rumah nantinya membutuhkan renovasi. Anda harus terbiasa untuk mengurus rumah, agar pengeluaran pun lebih sedikit dan bisa terkontrol.

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *