Menjaga Keuangan Anda Tetap Sehat Setelah Membeli Rumah

Menjaga Keuangan Anda Tetap Sehat Setelah Membeli Rumah

Menjaga Keuangan Anda Tetap Sehat Setelah Membeli Rumah – Membeli rumah pertama pastinya membutuhkan perjuangan yang sangat kuat. Bukan hanya cara mengumpulkan DP, tapi juga cara anda mengatur keuangan anda agar bisa tetap lancar ketika membayar cicilan rumah. Jika perhitungan anda kurang tepat, bisa saja anda merasa di hantui ketika sudah menempati rumah pertama. Meski cicilan lancar, utang lain bisa berpotensi tidak terbayar.

Jika anda ingin keuangan anda tetap sehat walaupun dalam sedang proses KPR, anda harus memperhatikan beberapa hal ini :

Pastikan punya dana darurat

Memiliki banyak tabungan? Cobalah hitung dana yang masih tersisa setelah anda membayar uang DP rumah. Dengan membayar DP rumah dengan semua dana, maka tidak ada lagi tabungan darurat anda yang berguna ketika anda dalam kondisi darurat, seperti di PHK perusahaan. Itu akan berdampak kita bergantung pada kartu kredit dan utang. Artinya, selain dana membayar DP Rumah, anda juga harus memiliki dana darurat dengan jumlah yang cukup. Total dana darurat sebaiknya berjumlah  3 hingga 12 kali pengeluaran perbulan. Untuk menentukannya, harus anda sesuaikan dengan kondisi masing-masing.

Menyisihkan dana pensiun

Memiliki rumah telah menjadi impian setiap orang. Jika anda sudah mendapatkannya, jangan lupa untuk persiapan pensiun. Walaupun sudah menjadi kewajiban anda membayar cicilan, tapi pastikan juga anda menyisihkan dana sebagai persiapan anda untuk dana pensiun. Seiring bertumbuhnya penghasilan, maka jumlah dana yang disisihkan demi pensiun akan semakin kaya.

Membuat anggaran dalam Pembelian Rumah

Buatlah sebuah anggaran ketika akan membeli rumah. Ini akan lebih mudah kita untuk menentukan rumah apa yang cocok sesuai dengan finansial kita. Dalam anggaran rumah pertama, selain DP dan cicilan, jangan lupa juga untuk menghitung anggaran pajak, asuransi, beserta perawatannya. Pastikan anda sanggup untuk membayar semuanya.

Menjaga utang di bawah kendali

Sebelum beli rumah, catat kembali semua utang yang anda miliki. Mulai dari cicilan kartu kredit, cicilan kendaraan dan lainnya. Ini akan menjadi pengaruh rasio utang terhadap pendapatan. Hitung ulang semua utang yang anda miliki termasuk dalam cicilan KPR yang akan menjadi tanggung jawab. Semakin rendah rasio utang terhadap pendapatan, berarti keuangan anda akan semakin baik dan semakin mudah membayar cicilan.

Rencana Kehidupan Ke Depan

Apakah pekerjaan anda stabil? Jika berpindah ke daerah baru apakah akan di beri kesempatan? Ingin memulai bisnis? Tinjau kembali tujuan anda semua sebelum membeli rumah. Ini memastikan anda untuk rumah yang anda beli lokasinya sudah sesuai atau belum.

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *