Apakah ini Bandara Dengan Pemandangan Terindah di Dunia?

Apakah ini Bandara Dengan Pemandangan Terindah di Dunia? – Perdana Menteri India, Narendra Modi baru saja meresmikan bandara di India di negara bagian Sikkim utara-timur pada hari senin. Banyak yang menyebut bahwa bandara ini adalah bandara yang paling indah di dunia.

baca juga :

Sikkim merupakan daerah bekas kerajaan kecil di Himalaya dan tempat Kanchenjunga, gunung tertinggi ketiga di dunia. Dataran ini menghubungkan India dengan Tibet, Bhutan, Nepal melalui 8 jalan gunung.

Bandara ini terletak di 30 kilometer dari ibukota negara bagian, Gangtok, sekitar 60 kilometer dari perbatasan dengan Cina. Bandara pertama di negara Pakyong ini terletak di atas bukit, Desa Pakyong, ketinggian 1.371 meter di atas permukaan laut.

Apakah ini Bandara Dengan Pemandangan Terindah di Dunia?

Bandara ini diukir dari sisi gunung, dianggap sebagai teknik ajaib. Topografinya diapit oleh lembah lembah dalam, kedua ujung landasannya sepanjang 1.75 km. Pesawat yang lepas landas dan mendarat pun akan melihat pemandangan yang tersaji dengan deretan gunung dengan puncak salju yang menawan.

Untuk fasilitas, bandara ini memiliki luas 201 hektar dengan dua tempat parkir dan bangunan terminal. Bandara ini dapat menampung hingga 100 penumpang dalam satu waktu. Dilansir dari BBC, menurut juru bicara Punj Lloyd, sebuah perusahaan India yang membangun landasan ini mengatakan kondisi topografi yang sulit dan cuaca tidak bersahabat membuat proyek ini 9 tahun.

Insinyur mengatakan bahwa tantangan dalam pembangunan bandara ini adalah konstruksi tanah dilokasi dan peralatannya melalui jalan gunung yang sempit. Sikkim sempat mendapat hujan monsun dari April hingga september, hal ini yang menghambat pekerjaan.

Apakah ini Bandara Dengan Pemandangan Terindah di Dunia?

Medan berbukit dengan seismistas tinggi termasuk diantara beberapa tantangan lainnya yang dihadapi oleh para insinyur di lereng berbatu. Seluruh bandara, termasuk juga dengan landasaran pacu telah dibangun diatas tanah yang dibuat dengan membangun dinding tanggul setinggi 263 kaki di lembah dalam.

Punj Lloyd mengatakan bahwa ini merupakan dinding penguatan tertinggi didunia. Penerbangan komersial ini pertama beroperasi 4 oktober 2018, dari pakyong. Bandara ini diharapkan dapat meningkatkan pariwisata ke Sikkim, yang merupakan tempat puncak, glester dan juga danau di dataran tinggi.

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *